Panduan Upload Gambar ke Hosting

Dalam menjalankan script pulsa, sering kita membutuhkan gambar - gambar, atau logo tertentu untuk ditampilan di website maupun aplikasi android. Hal yang sangat dibutuhkan biasanya yaitu URL lokasi gambar berbeda, namun mungkin ada diantara kamu yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan URL tersebut. Panduan kali ini secara singkat menjelaskan cara upload file berupa gambar ke hosting dan memperoleh URL gambarnya yang bisa kamu gunakan nantinya untuk berbagai keperluan. Berikut langkahnya:

1. Siapkan sebuah gambar, bisa format JPG maupun PNG maupun format gambar lainnya. Nama file gambar tersebut ditulis huruf kecil semua dan jangan menggunakan spasi. Contoh file gambar yang saya siapkan bernama banner_app.png.

Siapkan file gambar

2. Buka cPanel pilih file manager.

Buka file manager pada cPanel


3. Buka public_html.

Buka public_html


4. Buat folder baru dengan klik menu + Folder di kiri atas. 

Buat folder baru dengan klik menu + folder

5. Untuk nama folder yang dibuat bebas saja, disini saya beri contoh namanya folder gambar. Kemudian klik Create New Folder.

Beri nama foldernya lalu tekan create new folder

6. Setelah folder dibuat, buka folder tersebut lalu klik menu Upload untuk mengupload file gambarnya.

Pilih menu upload untuk mengupload gambar

7. Upload file bisa dengan dua cara, yaitu drag gambar ke halaman upload atau dengan tekan tombol Select File dan pilih file gambar yang mau di upload.

Upload gambar

8. Setelah file gambar sukses di upload, maka URL untuk gambar tersebut adalah domain/folder/nama_file. Nama domain web saya misal blanksreload.com lalu folder yang sudah dibuat di public_html namanya gambar dan nama file yang diupload adalah banner_app.png maka URL untuk gambar saya tersebut adalah:

https://blanksreload.com/gambar/banner_app.png

Untuk melihat URL sudah benar atau tidak, coba kamu ketikkan URL tersebut di browser. Jika gambar nya tampil maka sudah benar, jika muncul error halaman tidak ditemukan berarti masi ada langkah yang salah.

Semoga bermanfaat ya, untuk kembali ke halaman tutorial script pulsa bisa klik disini.

Comments

Popular posts from this blog

Spark Sebagai Alternatif Pengganti Jabber API

Cron Job untuk Menstabilkan Transaksi

Panduan Menangkap SN Transaksi dengan Baik

Membuat Menu Teks Berjalan di Aplikasi Android V2

Modul HT - Notifikasi WA Edisi Terbatas