Solusi Transaksi Sukses tetapi Status masih IP

Penyebab transaksi masi IP (pending) di web padahal di serpul / suplier transaksi tersebut sudah sukses ada banyak, diantaranya:

Serpul Tidak Memberikan Reply / Balasan Sukses ke Web

Untuk cek apakah serpul / suplier memberikan reply bisa dengan membuka menu sms > kotak masuk pada admin panel. Jika tidak ada pesan dari serpul / suplier artinya serpul tersebut tidak mengirimkan reply atau sudah mengirimkan reply tapi reply tersebut tidak sampai.

  • Biasanya serpul/suplier tidak mengirim reply jika transaksi ke serpul menggunakan jalur SMS. Hal ini diakibatkan operator yang sering blokir nomor dan kendala jaringan. Solusi: hubungi CS serpul / suplier untuk minta center SMS yang selalu memberikan reply.
  • Transaksi menggunakan jalur Jabber API bisa tidak menerima reply transaksi karena pesan dari jabber center serpul / suplier tidak diterima web. Solusi: Pastikan jabber API web sudah berteman dengan jabber center serpul/suplier melalui aplikasi Xabber. Kemudian coba satu-satu center jabber serpul / suplier sampai ada yang memberikan reply dengan cara cek saldo melalui menu admin panel > sms > tulis pesan, biasanya jabber dengan domain @jabberix dan @jabbim.cz memberikan reply.
  • Transaksi menggunakan jalur Jabber dari aplikasi W38S Gateway sangat dipengaruhi jaringan internet. Jika jaringan internet kurang stabil bisa mengakibatkan gagalnya menerima reply. Solusi: bisa beralih menggunakan Jabber API yang lebih stabil atau sediakan jaringan internet yang stabil dengan HP yang kuat menyala 24 jam.
  • Transaksi menggunakan Otomax API sangat tidak stabil dan juga memiliki resiko web jadi down / berat sebaiknya gunakan jalur Jabber API.

Regex Penangkap Transaksi Sukses/Gagal Tidak Tepat

Script Pulsa Online mendeteksi transaksi SUKSES / GAGAL dari reply transaksi yang serpul/suplier kirimkan. Jika kata kunci yang dibuat di admin panel tidak tepat akan mengakibatkan web gagal menangkap status transaksi berdasarkan reply serpul/suplier tersebut.

Untuk mengatur kata kunci transaksi Sukses dan Gagal bisa dengan membuka Admin Panel > Server Pulsa > pilih Server nya > lihat kolom Balasan Server, scroll kebawah karena letak kolomnya ada dibawah.

Isi Balasan Sukses dan Balasan Gagal sesuai balasan server. Misal jika transaksi di serpul / suplier SUKSES, perhatikan pada reply transaksi yang diberikan ada kata apa saja, biasanya ada kata Sukses, maka di Balasan Sukses cukup isi dengan Sukses. Jika transaksi GAGAL, pada reply transaksi ada kata apa saja, biasanya ada kata Gagal, maka di balasan Gagal cukup isi Gagal.

Selain memberikan reply untuk status transaksi sukses dan gagal, terkadang ada serpul / suplier yang memberikan reply untuk transaksi yang sedang dalam proses. Jadi pastikan hilangkan kata akan diproses / sedang diproses / dalam proses dari kolom balasan server. Karena transaksinya masi dalam proses, belum jelas sukses atau gagal.

Serpul Memberikan Reply dari Center Jabber Berbeda

Jika serpul / suplier memberikan reply dari center yang berbeda (baik transaksi jalur Jabber API maupun Jabber Gateway) maka balasan tersebut tidak akan terbaca oleh script. Jabber center yang menerima perintah transaksi harus sama dengan jabber center yang mengirimkan reply status transaksi. Biasanya server IRS yang suka mengirim reply dengan center berbeda. Solusi: gunakan server yang konsisten memberikan reply menggunakan center yang sama, misal gunakan serpul / suplier otomax.

Kasus center berbeda ini juga bisa terjadi jika ketika kita menuliskan nama center di admin panel menggunakan huruf kapital padahal jabber center yang memberikan reply menggunakan huruf kecil. Jadi pastikan menulis jabber center serpul / suplier menggunakan huruf kecil, bukan kapital.

Serpul Memberikan Reply yang Tidak Sempurna 

Kadang ada reply transaksi yang tidak sempurna, misal angka 0 (nol) di awal nomor HP hilang. Harusnya 085772540247 jadi 85772540247, atau bahkan tidak tercantum nomor HP / ID pelanggan  yang diisikan pada reply transaksi yang diberikan. Hal ini membuat reply transaksi tidak terbaca oleh script pulsa. Solusi: hubungi CS serpul / suplier untuk memperbaiki reply transaksi.

Transaksi Tidak diproses di Serpul

Disebabkan perintah dari web tidak sampai ke serpul / suplier, pastikan Jabber API / jabber gateway / otomax api / sms gateway dalam keadaan aktif dan berfungsi dengan baik.

Jika ada masalah atau kendala lain terkait transaksi sukses tapi status transaksi masi IP di web, jangan ragu untuk didiskusikan di grup, jika malu di grup bisa hubungi saya.

Kembali ke halaman solusi dan pemecahan masalah klik disini.

Comments

Popular posts from this blog

Spark Sebagai Alternatif Pengganti Jabber API

Cron Job untuk Menstabilkan Transaksi

Panduan Menangkap SN Transaksi dengan Baik

Membuat Menu Teks Berjalan di Aplikasi Android V2

Modul HT - Notifikasi WA Edisi Terbatas