Spark Sebagai Alternatif Pengganti Jabber API

Jabber API merupakan jalur transaksi paling cepat dan stabil saat ini yang digunakan untuk ambil produk ke suplier. Namun Jabber API masih memiliki sedikit kekurangan yaitu tidak menyimpan sesi login, sehingga tiap ada transaksi yang terjadi, Jabber API perlu login berulang. Hal ini mungkin bisa berpengaruh, meski tidak begitu signifikan, terhadap kelancaran proses transaksi. Oleh sebab itu, terdapat alternatif lain yaitu menggunakan Spark, sebuah aplikasi instant messaging (IM) yang menggunakan protokol XMPP (Jabber).

Instalasi Spark di Windows

Pada panduan kali ini akan dibahas Spark yang diinstall di windows (laptop saya). Sebetulnya Spark perlu hidup dan online 24 jam, oleh sebab itu laptop saya pun harus hidup dan terhubung ke internet 24 jam non stop jika ingin digunakan untuk transaksi. Idealnya memang Spark diinstall di VPS, tapi jika ada yang memiliki Laptop / PC yang selalu menyala 24 jam, tidak ada salahnya dicoba install Spark di Laptop / PC tersebut. Berikut langkah installasinya:

1. Download Spark disini. Silakan pilih versi yang paling baru dan format filenya .exe untuk windows. Saya pilih yang ada JRE nya juga karena Spark perlu Java.

Download spark versi terbaru

2. Setelah selesai di download, jalankan file .exe Spark tersebut dengan cara double klik untuk melakukan install. Tekan Next > pada jendela Spark Setup Wizard.

Memulai instalasi spark

3. Direktori instalasi Spark biarkan saja default di C kemudian klik Next >.

Direktori instalasi spark pada drive C

4. Pada pengaturan folder start menu juga biarkan saja default lalu tekan Next >.

Menambahkan folder start menu

5. Pada pengaturan shortcut biarkan default kemudian klik Next >.

Menambahkan shortcut spark ke desktop

6. Saat instalasi sudah selesai, jangan ceklis Run Spark kemudian klik Finish. Jangan jalankan aplikasi Spark sebelum konfigurasi ke web selesai.

Jangan ceklis run spark

7. Instalasi Spark di windows sudah selesai, lanjut ke pengaturan di web.

Konfigurasi Spark ke Script Pulsa / Web Pulsa

Perlu diperhatikan, jika sudah menggunakan Jabber API atau Jabber Gateway dan mau menggunakan Jabber Spark maka perlu menonaktifkan Jabber API / Jabber Gateway nya agar tidak spam transaksi ke suplier. Jadi pilih salah satu ya mau pakai Jabber API, pakai Jabber Gateway atau mau pakai Jabber Spark. Berikut konfigurasi Spark ke web pulsa:

1. Versi script pulsa wajib minimal versi 3.8.0.

2. Download plugin Spark disini. Jika link tidak bisa dibuka, bisa cari plugin di grup FB.

3. Setelah plugin di download, login ke web pulsa kamu menggunakan akun administrator kemudian buka admin panel dan pilih Sistem. Upload file .zip plugin Spark seperti melakukan update versi script. Jika masi ada yang bingung cara update versi script bisa lihat panduannya disini. Setelah selesai upload akan muncul jendela panduan. Jangan close halaman panduan tersebut karena hanya muncul sekali saja.

Panduan installasi plugin spark

4. Pada jendela panduan instalasi plugin Spark di atas ada link untuk download file plugin bot dengan nama w38s.jar silakan di download dahulu.

5. Copy file w38s.jar ke folder plugins pada direktori tempat kamu install Spark di Laptop / PC. Contohnya saya install di C: > File Program (x86) > Spark > plugins, maka file di copy kesana. Jika muncul jendela peringatan karena perlu izin administrator, tekan Lanjut.

Copy w38s.jar ke folder plugins pada direktori spark di install

6. Jika sudah selesai copy file w38s.jar, kemudian jalankan aplikasi Spark nya. Bisa dengan double click ikon Spark di desktop Laptop / PC.

Ikon spark di desktop

7. Saya sudah memiliki sebuah akun jabber dengan akun transaksi@jb.gawaipintar.com jika belum punya akun jabber silakan bisa membuat akun jabber terlebih dahulu bisa ke penyedia jabber gratisan misal di xabber.org.

8. Pada aplikasi Spark, karena akun jabber yang saya miliki transaksi@jb.gawaipintar.com, isikan kolom Username dengan transaksi, isikan kolom Domain dengan jb.gawaipintar.com, isi juga kolom Password. Ceklis Save password dan Auto login kemudian klik Login.

Login ke aplikasi spark

9. Jika muncul error terkait Self Signed Certificate pada saat login ke Spark seperti dibawah ini, bisa diperbaiki melalui menu advance, langkahnya yaitu buka menu Advance pada aplikasi Spark pilih Certificates lalu ceklis Accept self-signed kemudian klik Ok. Coba login ulang kembali ke Spark nya. Jika diminta menambahkan exception pilih Add kemudian coba login kembali.

Jendela error self signed certificate
Ceklis accept self-signed pada menu advance > certificates
Klik add untuk menambahkan exeptions

10. Setelah sukses login ke Spark buka menu File kemudian pilih Preferences.

Pilih menu file kemudian preferences

11. Cari W38s kemudian isikan kolom URL dengan
https://domainkamu.com/api/spark
contohnya
https://blanksreload.com/api/spark
kemudian untuk kolom Kunci Rahasia bisa kamu dapatkan pada halaman panduan installasi plugin Spark pada langkah 3 di atas. Jika tidak sengaja sudah di close halamannya, kunci rahasia bisa kamu lihat pada cPanel > file manager > public_html > application > config > Spark.php.

Ceklis Aktifkan Sinkronisasi kemudian pilih 5 detik pada Frekuensi Sinkronisasi. Tekan Apply kemudian tekan Save.

Isi pengaturan preference w38s

12. Konfigurasi Spark sudah selesai, selamat bertransaksi. Jangan lupa Laptop / PC nya harus menyala 24 jam dengan koneksi internet yang stabil. Alternatifnya baiknya gunakan VPS.

Jika ada yang bingung jangan ragu untuk ditanyakan di grup, untuk kembali ke halaman tutorial bisa klik disini.

Comments

Popular posts from this blog

Cron Job untuk Menstabilkan Transaksi

Panduan Menangkap SN Transaksi dengan Baik

Membuat Menu Teks Berjalan di Aplikasi Android V2

Modul HT - Notifikasi WA Edisi Terbatas