Panduan Mengatur Auto Offline Payment Bank untuk Transaksi

Internet banking suatu bank tidak selalu online 24 jam, pasti ada kalanya offline. Maksudnya adalah mutasi penerimaan dana pada internet banking tidak akan menampilkan data realtime saat waktu offline tersebut. Waktu offline tersebut tidak ada patokan bakunya, sehingga menentukan waktu offline dengan mengira-ngira atau menurut pengalaman saja. Jika internet banking bank tersebut offline, web pulsa tidak bisa membaca dana yang masuk, sehingga transaksi akan WP (waiting payment) selama jam offline. Untuk menghindari ada komplain atau menghindari user transfer pada saat jam offline untuk transaksi, terdapat fitur auto offline yang bisa digunakan. Fungsi fitur ini adalah user tidak bisa melakukan pembayaran pada jam offline yang sudah diatur. Berikut langkah mengatur auto offline untuk payment:

1. Masuk ke dalam web pulsa menggunakan akun admin kemudian masuk ke admin panelPada bagian menu Payments klik salah satu nama bank yang mau di atur auto offline nya.

Admin panel > Payments

2. Pilih Settings.
Pilih settings.

3. Tekan tombol edit (ikon pensil) pada bagian auto offline.

Edit auto offline.

4. Setelah muncul jendela Auto Offline akan terlihat 7 kolom hari mulai dari Senin sampai Minggu. Isi dari masing-masing kolom bisa berbeda di sesuaikan dengan jam offline bank tersebut. Untuk mengisi kolomnya ada ketentuan yang harus dipahami. Berikut penjelasannya:
  • Kolom di isi dengan keterangan jam berapa payment bank tersebut offline yang ditulis dengan format jam:menit contoh jika ingin menulis jam 11 malam maka tulis 23:00. Jika ingin menulis jam 11 siang lewat 17 menit maka ditulis 11:17. Format waktu yang dipakai adalah format 24 jam.
  • Penulisan jangka waktu payment tersebut offline menggunakan tanda "-" (strip) contohnya jika ingin membuat payment offline dari jam 7 pagi sampa jam 6 sore maka penulisannya 07:00-18:00.
  • Penulisan waktu offline wajib diawali waktu paling pagi sebelum tanda "-" dan setelah tanda "-" adalah waktu yang lebih malam. Contoh penulisan yang benar adalah 07:00-18:00 bukan 18:00-07:00.
  • Jika menginginkan jangka waktu offline nya memiliki jeda gunakan tanda "," (koma) misal offline jam 7 pagi sampai jam 9 pagi, lalu jam 9 pagi sampai jam 12 siang nya online, jam 12 siang sampai jam 5 sore offline lagi, maka penulisannya adalah 07:00-09:00,12:00-17:00.
  • Bagaimana jika ingin mengatur offline dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi? Tetap harus diperhatikan penulisan pada poin ke 3 yaitu penulisan waktu diawali dengan yang lebih pagi baru diikuti waktu yang lebih malam. Hasilnya adalah 21:00-23:59,00:00-05:00.
Demikian penjelasan mengenai auto offline pada payment untuk transaksi, jika masih bingung jangan ragu tanyakan di grup. Terima kasih.
Untuk kembali ke halaman tutorial script pulsa silakan klik disini.

Comments

Popular posts from this blog

Spark Sebagai Alternatif Pengganti Jabber API

Cron Job untuk Menstabilkan Transaksi

Panduan Menangkap SN Transaksi dengan Baik

Membuat Menu Teks Berjalan di Aplikasi Android V2

Modul HT - Notifikasi WA Edisi Terbatas