LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Cara Ganti Password Database Web Pulsa

Untuk membuat website menjadi lebih aman, ada baiknya data-data penting rutin diubah, diantaranya password dari database. Kapan password database perlu diganti?
  • Ketika ada orang lain selain kamu ada yang tahu password tersebut, misal menggunakan jasa webdesigner, menggunakan jasa pihak ke-3 atau tim suport cloud server pulsa W38S untuk cek error / memperbaiki web dari dalam panel hosting (login ke Direct Admin, cPanel, dll).
  • Ketika baru membeli script pulsa dan web nya di installkan oleh penjual disarankan untuk merubah password. Pastikan kamu membeli ke reseller resmi atau langsung ke developer agar kemanan lebih terjaga.
  • Kejadian tidak terduga seperti ada yang mencoba melakukan hack atau HP / Laptop dicuri dan ada data-data penting seperti password database disitu.
Secara keamanan sebetulnya script 99% aman, namun masi ada sisa 1% kita sebut saja faktor X yang harus selalu kita waspadai karena bisa saja 1% tersebut adalah kelalaian pribadi seperti membuat password yang terlalu mudah ditebak. Yuk langsung saja simak panduan berikut untuk mengganti database yang benar agar tidak error!

Sebelum mengganti password ada baiknya website mode maintenance atau dilakukan tengah malam agar jika ada error tidak membuat panik konsumen di web kamu.


Mengganti Password Database di Panel Direct Admin


1. Silakan masuk ke dalam Direct Admin, bisa melalui URL yang diberikan pihak hosting maupun dari member area hosting. Setelah itu cari menu MySQL Databases dan buka menu tersebut.
Buka MySQL Databases.

2. Klik nama database yang mau diubah password nya.
Klik nama database.

3. Tekan Change Password.
Tekan Change Password.

4. Isikan password baru pada kolom Password. Sangat disarankan untuk membuat password minimal 16 karakter termasuk huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter khusus seperti !@$#%$&^*. Jangan pernah membuat password yang mudah apalagi disamakan dengan username!
Isi kolom Password.

5. Tekan tombol CHANGE jika sudah mengisi password dan mencatat password nya di tempat aman.

6. Kembali ke halaman utama Direct Admin kemudian buka menu File Manager.
Buka File Manager.

7. Buka public_html > application > config > database.php kemudian cari baris password dan ubah password lama menjadi password baru. Tekan Save.

Mengganti Password Database di Panel cPanel


Segera di update.

Selalu jaga kerahasiaan data-data penting kamu, jangan pernah diberikan kepada siapapun! Baca juga: Prosedur Keamanan Dasar untuk Pemilik Script Pulsa.

Semoga dengan ini tidak salah dalam mengganti password database ya, karena jika salah akan membuat web error tidak bisa dibuka lo.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE
Newest Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment