LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Cara Membuat (Build) Aplikasi Android

Yang perlu disiapkan sebelum build aplikasi android:
  • Logo aplikasi ukuran 512x512 pixel format PNG.
  • File google-service.json. Panduan membuatnya bisa klik disini.
  • (Opsional) Gambar splash screen ukuran 720x1240 pixel format PNG.
Cloud Server Pulsa by W38S dilengkapi dengan aplikasi android native yang bisa memudahkan member / pembeli untuk bertransaksi ke cloud server pulsa milik kamu (web pulsa kamu). Berikut langkah - langkah untuk membuat aplikasi android official:

1. Jika kamu belum membeli aplikasi dan hanya punya lisensi script saja, silakan untuk membeli dahulu aplikasinya ke tempat kamu beli lisensi script / ke saya / menu lisensi di w38s.com / langsung ke developer (Pak Samsul). Pastikan yang kamu beli adalah aplikasi yang di build di W38S ya, karena ada juga aplikasi yang di build oleh pihak ke-3.

2. Setelah membeli aplikasi, biasanya dibantu di buatkan oleh penjual lisensi script, tapi tidak selalu aplikasi dibuatkan. Atau jika ingin belajar untuk membuat sendiri silakan untuk membuka link ini: w38s.com/build-apk.

3. Isikan kolom Kode Lisensi dengan lisensi script kamu, jika tidak tahu berapa kode lisensinya bisa kamu tanyakan ke tempat beli script. Isikan kolom Web URL dengan domain web kamu lengkap dengan http / https nya, contoh: https://blanksreload.com. Kemudian tekan Lanjutkan.
Isikan Kode Lisensi dan Web URL.

4. Pada kolom Nama Aplikasi isikan dengan nama aplikasi yang mau ditampilkan ketika aplikasi di install di smartphone. Nama aplikasi paling pendek 3 karakter dan paling panjang 18 karakter termasuk spasi. Wajib tekan Simpan untuk menyimpan nama aplikasinya.
Isi Nama Aplikasi kemudian tekan Simpan.

5. Pada bagian Logo Aplikasi buka menu Upload baru kemudian tekan tombol Pilih untuk mencari file logonya, setelah itu tekan Upload. Ukuran logo yaitu 512x512 pixel dengan format gambar PNG dan ukuran file maksimal 1 Mb.
Upload logo baru.

6. Pada bagian warna aplikasi terdapat 3 kolom yaitu Color Primary, Color Primary Dark, dan Color Accent. Saat ini untuk membuat aplikasi V2 Lite dan V2 Pro hanya menggunakan 1 warna saja yaitu kolom Color Primary. Jadi kolom lain warnanya bisa disamakan dengan warna pada color primary. Jika kamu bingung menentukan warna apa yang cocok bisa buka color-hex.com untuk referensi warna. Sebaiknya pilih warna yang agak gelap karena banyak tulisan dasar yang berwarna putih di aplikasi. Wajib tekan Simpan setelah menentukan warna.
Tentukan warna aplikasi kemudian tekan Simpan.

7. Pada bagian Konfigurasi FCM upload file google-service.json dengan cara pilih Upload baru kemudian tekan tombol Pilih untuk mencari filenya, setelah itu tekan Upload. Jika kamu belum punya file google-service.json kamu bisa membuatnya dengan mengikuti panduan pada artikel: Membuat File google-service.json.
Upload file google-service.json

8. Pada bagian KeyStore biarkan default.

9. Pada bagian Splash Screen opsional boleh diupload atau tidak. Splash screen yaitu gambar yang muncul saat loading aplikasi dibuka, yang khawatir loading aplikasi jadi semakin lama tidak perlu upload. Namun jika ingin upload silakan gunakan gambar berukuran 720x1240 pixel dengan format PNG dan ukuran file tidak lebih besar dari 1 Mb.

10. Bagian Nav Header Background saat ini belum dipakai untuk build aplikasi V2 Lite maupun Pro jadi bisa diabaikan saja.

11. Tekan Lanjutkan.
Tekan Lanjutkan.

12. Verifikasi domain web kamu sampai jadi ceklis hijau kemudian tekan Lanjutkan. Akan tetapi jika proses verifikasi domain sangat lama dan hanya loading, kamu bisa back ke halaman sebelumnya dan saat masuk halaman verifikasi domain bisa langsung tekan Lanjutkan tanpa perlu verifikasi domain asalkan web URL domain sudah ditulis dengan benar.
Verifikasi domain lalu tekan Lanjutkan.

13. Silakan pilih versi aplikasi yang ingin kamu buat pada kolom Versi Aplikasi kemudian masukkan email yang akan menerima link download aplikasinya pada kolom Email. Akan dikenakan biaya tiap build aplikasi tercantum di kotak informasi diatas kolom versi aplikasi. Setelah itu tekan tombol Build Aplikasi dan tunggu hingga proses pembuatan aplikasi selesai.
Pilih Versi Aplikasi dan isikan Email kemudian tekan Build Aplikasi.

14. Silakan tunggu proses pembuatan aplikasinya. Aplikasi di build otomatis ketika laptop server developer sedang ON, biasanya malam hari.

Sekian panduan Cara Membuat (Build) Aplikasi Android semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Bagi yang mau beli aplikasi V2 Lite maupun V2 Pro jangan ragu bisa menghubungi saya pada halaman Contact ya.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment