LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Panduan Upload / Memasukkan Aplikasi Android ke Playstore - Part 1


Yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti panduan ini:
  • Logo aplikasi ukuran 512x512 pixel format PNG.
  • Gambar screenshot aplikasi minimal 2 buah boleh JPEG maupun PNG.
  • Gambar grafis unggulan ukuran 1024x500 pixel boleh JPEG maupun PNG.
Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, member dan calon pembeli agar mau bertransaksi ke Cloud Server Pulsa milik kita, salah satu caranya yaitu dengan memasukkan aplikasi android kita ke google playstore. Pastikan kamu memiliki akun google play developer ya. Jika sudah punya, yuk simak panduan berikut agar tidak salah langkah.

1. Wajib punya akun google play developer.

2. Buka halaman Google Play Console atau klik: play.google.com/apps/publish.

3. Tekan tombol BUAT APLIKASI.
Tekan BUAT APLIKASI.

4. Pada kolom Bahasa default pilih bahasa Indonesia - Id saja, karena target pengguna aplikasi kita adalah masyarakat Indonesia. Pada kolom Judul isikan dengan nama aplikasi yang akan kamu tampilkan di playstore, maksimal 50 karakter termasuk spasi. Pastkan nama judul aplikasi tidak sama dengan nama aplikasi lain yang sudah ada di playstore. Setelah itu tekan BUAT.
Isikan Bahasa default dan Judul aplikasi kemudian tekan BUAT.

5. Kita sekarang ada di dalam Listingan toko, perlu diperhatikan semua kolom dengan tanda bintang wajib untuk diisi pada halaman ini. Pada kolom Deskripsi singkat jelaskan secara singkat mengenai aplikasi kamu, maksimal 80 karakter termasuk spasi. Pada kolom Deskripsi lengkap baru deh jelaskan secara detail aplikasi kamu maksimal 4.000 angka. Deskripsi ditulis dengan bahasa yang baik dan benar serta tidak mengandung unsur yang menyesatkan apalagi dilarang secara hukum.
Isikan Deskripsi singkat dan Deskripsi lengkap aplikasi.

6. Geser ke bawah kita masuk ke bagian Aset visual. Pertama kita perlu upload logo aplikasi yang akan ditampilkan di playstore. Ukuran logo yaitu 512x512 pixel dengan format PNG. Klik kotak bertuliskan Tambahkan ikon resolusi tinggi Tarik gambar ke sini. Kemudia pilih logo yang mau kamu upload dari laptop / PC kamu.
Upload logo / ikon.

7. Selanjutnya pada bagian Screenshot diperlukan minimal 2 buah gambar screenshot (tangkapan layar) dengan format JPEG atau PNG. Mudahnya buka saja aplikasi kamu dari smartphone kemudian kamu screen capture layar saat kamu buka aplikasi. Sebetulnya gambar screenshot yang wajib kamu upload hanya yang bagian PONSEL, tapi jika kamu mau melengkapi bagian TABLET juga silakan. Bagian ANDROID TV dan WEAR OS tidak perlu. Tekan tombol JELAJAH FILE untuk upload gambar screenshot nya.
Upload minimal 2 gambar screenshot aplikasi.

8. Selanjutnya pada bagian Grafis unggulan upload gambar yang akan menjadi latar belakang / banner aplikasi kamu di playstore. Ukurannya 1024x500 pixel bisa JPEG maupun PNG. Jangan terbalik ya 1024 itu panjang ke samping dan 500 itu tinggi nya. Tekan kotak bertuliskan Tambah grafis fitur untuk upload gambarnya.
Upload gambar grafis unggulan.

9. Geser ke bawah lagi masuk ke bagian Kategorisasi. Pada kolom Jenis aplikasi pilih Aplikasi. Pada kolom Kategori pilih Belanja.
Pilih jenis dan kategori aplikasi.

10. Di bawahnya tekan tombol KELOLA TAG. Jika muncul pesan peringatan keluar tanpa menyimpan, tekan tombol SIMPAN DRAF di kanan bawah layar.
Tekan KELOLA TAG.

11. Cari tag Belanja kemudian tekan TAMBAHKAN. Kemudian akan muncul jendela notifikasi dan tekan TAMBAHKAN.  Kamu bisa menambahkan tag yang lain, namun maksimal hanya bisa 5 tag ya.
Tambahkan tag Belanja.

12. Jika sudah selesai menambahkan tag, tekan tombol panah di sebelah kiri atas untuk kembali ke halaman listingan toko.
Tekan tombol untuk kembali ke halaman listingan toko.

13. Lanjut ke bagian Rating konten. Untuk menentukan rating tekan tulisan rating konten berwarna biru. Namun jika aplikasi belum di upload penentuan rating belum bisa dilakukan, jadi bisa kita lewati dulu langkah ini sementara.

14. Pada bagian Detail kontak, kolom yang wajib diisi hanya kolom email saja, tapi silakan jika mau diisi semua kolomnya. Pada kolom Situs web jangan lupa sertakan http / https nya ya.
Isi detail kontak aplikasi.

15. Bagian Kebijakan Privasi sangat wajib untuk diisi, web pulsa secara default sudah ada halaman yang bisa dijadikan sebagai halaman kebijakan privasi yaitu halaman domain/tos. Contohnya https://blanksreload.com/tos. Perlu diperhatikan, secara default halaman tos di web pulsa belum ada kata-kata nya alias kosong. Silakan kamu isi dan lengkapi halaman tos tersebut.
Isi halaman kebijakan privasi.

16. Jika semua langkah di atas sudah benar maka akan muncul ceklis hijau di samping listingan toko pada menu di sebelah kiri.
Tahap listingan toko selesai.

Untuk panduan lanjutan silakan buka artikel ini part ke-2 nya: Panduan Upload / Memasukkan Aplikasi Android ke Playstore - Part 2.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Channel Telegram