LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

File Model Default untuk Membuat Produk Tagihan (PPOB)

Jika kamu mengalami error total tagihan menjadi double atau dua kali lipat dari yang seharusnya, kemungkinan besar file model yang kamu gunakan kurang tepat. Silakan bisa gunakan file model yang default bawaan script, tidak menggunakan file custom maupun editan. Berikut cara mudah memperoleh file model default. Panduan ini diperuntukkan bagi yang tidak mau membuat produk Tagihan / PPOB dari awal.

Template Pulsa / Paket Internet / Voucher Game

1. Buka Admin Panel > Produk, kemudian tekan tombol + Produk Baru. Nama produknya asal saja misal Testing kemudian template nya pilih Pulsa / Paket Internet /  Voucher Game. Tekan tombol Simpan.
Buat produk baru dengan template pulsa.

2. Buka hosting kamu, masuk ke panel (Direct Admin / cPanel / Webuzo / Cyber Panel / dll). Buka File Manager > public_html > application > models. Kemudian cari file Testing_model.php, jika produk baru yang kamu buat menggunakan nama lain dan bukan Testing, silakan cari file nya disesuaikan dengan nama produk yang sudah kamu buat. Jika sudah ketemu file nya, edit file tersebut.
Edit file model dari produk baru yang dibuat.

3. Copy semua script yang ada di dalam file Testing_model.php tersebut lalu paste ke wordpad / microsoft word / aplikasi PHP editor. Disini saya akan menggunakan wordpad karena biasanya di laptop / pc sudah terinstall wordpad.
Paste script ke wordpad.

4. Di bagian paling atas ada script:
class Testing_model extends CI_Model
Ubah Testing menjadi nama produk Tagihan / PPOB kamu, bisal jika nama produknya Paket Telkomsel ubah jadi seperti ini:
class Paket_telkomsel_model extends CI_Model
Perlu diperhatikan, huruf pertama wajib kapital, sisanya huruf kecil. Jika produk terdiri dari 2 kata atau lebih, spasi diganti jadi tanda garis bawah ( _ ).

5. Pada wordpad tekan menu replace di kanan atas. Pada kolom Find what isikan testing. Pada kolom Replace with isikan nama produk Tagihan / PPOB kamu, contohnya nama produknya Paket Telkomsel maka kolomnya diisi paket_telkomsel ya. Tekan tombol Replace All.
Replace semua kata testing jadi nama produk Tagihan / PPOB kamu.
6. Copy semua script yang sudah di edit dari wordpad, paste ke file model produk Tagihan / PPOB kamu. Jika nama produknya Paket Telkomsel cari file Paket_telkomsel_model.php kemudian tekan edit, hapus semua script yang ada di file tersebut, kemudian paste script yang sudah dicopy dari wordpad. Tekan Save / Simpan. Masa file model kamu sudah menjadi default.

Silakan boleh dihapus produk Testing nya dari admin panel > produk.

Template Token PLN

1. Buka Admin Panel > Produk, kemudian tekan tombol + Produk Baru. Nama produknya asal saja misal Testing2 kemudian template nya pilih Token PLN. Tekan tombol Simpan.

2. Langkah selanjutnya sama seperti langkah pada template pulsa hingga selesai.

Jika dirasa mengembalikan file model ke default membingungkan, alternatif lainnya yaitu buat produk baru dari awal untuk Tagihan / PPOB nya dan ikuti panduan membuat produk PPOB pada artikel ini: Panduan Membuat Produk Tagihan (PPOB).

Sekian panduan terkait File Model Default untuk Membuat Produk Tagihan (PPOB) ini. Untuk kembali ke daftar Tutorial dan Panduan silakan klik disini.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment

Channel Telegram