LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Import Produk Okepay Menggunakan Okepay API


Jika kamu menggunakan Okepay sebagai suplier untuk web pulsa, ada cara mudah untuk import produk, yaitu melalui menu Okepay API. Untuk masuk dan menggunakan Okepay API silakan bisa baca artikel: Panduan Menggunakan Okepay API untuk Webpul.

Jika sudah sukses login ke Okepay API, berikut panduan untuk melakukan import produk dengan mudah:

1. Pada halaman Okepay API, terdalam kolom yang menunjukkan kategori produk yang ada di Okepay. Klik kolom tersebut kemudian pilih ingin import produk dari kategori apa, misalkan kita ambil kategori PULSA.
Pilih kategori produk yang mau di import.

2. Di sebelah kanan kolom kategori produk, terdapat kolom untuk memilih sub kategori produknya. Tadi kita pilih kategori produk PULSA, sekarang kita pilih sub kategorinya adalah Axis misal, karena kita ingin meng import pulsa Axis ke web.
Pilih sub kategori produk.

3. Ceklis produk mana saja yang ingin kamu import, jika ingin improt semua, ceklis kotak yang ada di paling kiri atas.
Ceklis produk mana saja yang ingin di import.

4. Pada kolom produk silakan kamu tentukan ingin import produk ke kategori apa di web kamu. Secara default web pulsa memiliki 4 kategori produk yaitu Pulsa, Paket Internet, Token PLN, dan Voucher Game. Jika kamu ingin menambah kategori produk bisa dari Admin Panel > Produk > + Produk Baru. Misalkan kita ingin mengimport ke kategori produk Pulsa, maka pada kolom Produk kita pilih Pulsa.
Tentukan ingin import produk ke kategori apa di web kamu.

5. Di sebelah kanan kolom Produk terdapat kolom isian Operator atau biasa saya sebut sub kategori atau ada juga yang bilang provider. Jika kamu sudah mengisi kolom Produk, maka kolom Operator ini akan terisi otomatis. Perhatikan jika nama yang muncul pada kotak-kotak di kolom Operator diawali tanda [ + ] artinya secara otomatis sub kategori / provider baru akan dibuat di dalam kategori produk web kamu. Jika kamu sudah pernah membuat sub kategori / provider sebelumnya, pada kolom Operator bisa kamu pilih sub kategori / provider yang sudah dibuat sebelumnya tersebut.
Tentukan isian kolom Operator.

6. Sebelah kanan kolom Operator terdapat kolom Nama Voucher. Pada kolom ini, kamu bisa memberi nama produk / voucher sesuai keinginan.
Kolom Nama Voucher.

7. Geser lagi ke sebelah kanan kolom Nama Voucher, terdapat kolom harga beli, kemudian harga jual umum, kemudian harga jual reseller, kemudian status produk. Secara otomatis, kolom harga jual umum dan harga jual reseller terisi berdasarkan markup umum yang ditentukan ketikan login pertama kali ke Okepay API. Harga-harga tersebut bisa kamu ubah sesuai keinginan. Ingat kolom harga yang paling tengah itu harga umum ya, paling kanan harga reseller. Dan terakhir di paling kanan ada kolom Status yang menandakan produk tersedia apabila tandanya ceklis hijau dan produk tidak tersedia apabila tandanya silang merah.
Kolom harga dan status produk.

8. Jika semua kolom sudah diisi, tekan tombol Simpan yang ditandai yang ada di sebelah kiri bawah. Jika import produk sukses, akan ada notif produk berhasil disimpan di kanan atas halaman.
Tekan tombol Simpan yang ditandai.

9. Buka Admin Panel > Produk > kemudian buka kategori produk yang menjadi tujuan import produk. Pada contoh sebelumnya diatas kita melakukan import ke kategori Pulsa maka buka kategori Pulsa. Terlihat terdapat sub kategori / provider baru hasil dari import produk yang kita lakukan. Cek dan perhatikan apakah kolom Validasi No. HP terisi atau kosong. Bila kosong tekan ikon pensil di paling kanan kemudian pilih Edit.
Periksa kolom Validasi No. HP ada isinya atau tidak.

10. Isikan kolom Validasi dengan phone validator yang kamu inginkan. Karena kita import pulsa Axis maka kolom Validasi kita isi dengan Axis. Setelah itu tekan tombol Simpan.
Isi kolom Validasi.

11. Ulangi seluruh langkah diatas sampai semua produk yang kamu inginkan selesai di import.

Sekian panduan terkait Import Produk Okepay Menggunakan Okepay API, semoga bisa bermanfaat. Untuk kembali ke daftar tutorial dan panduan bisa klik disini.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Channel Telegram