LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Mengatur Interval Waktu Bayar Produk Digipos Setelah Cek Harga

Semenjak update script versi 3.9.4, pembuatan produk yang memerlukan cek harga dan bayar seperti tagihan, ppob, dan bulk digipos lebih dipermudah. Tidak perlu membuat file model custom atau melakukan edit file yang rumit agar produk bisa dipakai dengan normal. Sekarang cukup menggunakan file default sudah bisa transaksi dengan normal.

Namun, pada transaksi Telkomsel Bulk Digipos jika menggunakan file default saja bisa muncul sebuah resiko. Harga produk Digipos tergantung dari lokasi nomor berada, jika ada pembeli yang cek harga di lokasi A mungkin harga yang tampil Rp 100.000, jika pembeli tersebut baru bayar 3 jam kemudian dan ternyata sedang perjalanan ke kota C, harga produk di kota C sebenarnya bisa saja lebih mahal dari harga ketika di kota A, misalkan harga di kota C Rp 120.000. Jika pembeli membayar ketika berada di kota C, maka web kita akan mengalami kerugian. Pembeli hanya membayar sejumlah Rp 100.000 sedangkan saldo kita di suplier berkurang Rp 120.000, kira rugi Rp 20.000.
Baca juga artikel: Panduan Membuat Produk Tagihan (PPOB).
Untuk mengatasi hal ini, diperlukan interval waktu atau batas membayar setelah cek harga dilakukan. Misalkan jika sudah lebih dari 5 menit melakukan cek harga tapi produk belum dibayar, maka wajib cek harga ulang. Untuk mengatur interval waktu tersebut bisa ikuti panduan berikut ini:

1. Masuk ke web pulsa kamu menggunakan akun administrator. Setelah itu masuk ke Admin Panel kemudian buka menu Produk.
Buka Admin Panel > Produk.

2. Cari produk Digipos yang ada di web kamu kemudian klik ikon gerigi di kanan atas produk tersebut. Tiap web bisa saja memberikan nama yang berbeda, jadi kamu fokus ke web kamu jangan lirik-lirik ke web lain. Kalau belum pernah membuat produk Bulk Digipos silakan bisa buat dahulu. Kalau tidak tahu atau tidak ngeh yang mana produk Bulk Digipos, ituloh produk kuota bulk telkomsel yang perlu cek harga dulu baru bayar untuk membeli produk.
Klik ikon gerigi di atas kanan produk.

3. Perhatikan ada kolom ID, bisa kamu ingat atau bila perlu di catat ID produk untuk produk Digipos web kamu. Contoh dalam panduan ini ID produknya adalah bulk. Nanti kita akan mencari sebuah file model, nama file tersebut adalah ID produk_model.php, karena ID produknya adalah bulk maka nama file yang akan kita cari nanti adalah bulk_model.php ya.
Perhatikan kolom ID dan catat ID produknya.

4. Masuk ke panel hosting kamu (Direct Admin / cPanel / Webuzo / Plesk / Cyber Panel / dll). Buka menu File Manager > public_html > application > models.
Buka File Manager > public_html > application > models.

5. Cari file model sesuai dengan produk Digipos di web kamu. Nama filenya adalah ID produk_model.php, pada panduan ini contoh ID produknya adalah bulk maka nama file yang dicari adalah bulk_model.php. Jika sudah ketemu file nya, Edit file tersebut.
Edit file model produk Digiposnya.

6. Cari script berikut di dalam file bulk_model.php:
$this->server = $server;
Cari script: $this->server = $server;

7. Tambahkan script berikut tepat dibawah script pada langkah 6:
  //mod cek
  $produk_prefix = substr($this->voucher->vo_kode, 0, 3);
        if($produk_prefix == 'BYR'){
            $this->db->where('sv_id', $server->sv_id);
            $this->db->where('tr_no_hp', $this->input->post('nomor_hp'));
            $this->db->where('vo_id',$this->voucher->vo_ppob_cek);
            $this->db->where('tr_tanggal >', time()-300);
            $this->db->where('tr_status_pembayaran', 'sukses');
            $this->db->where('tr_status', 'sukses');
            $q = $this->db->get('transaksi');
            $history_trx = $q->row();
            if (!$history_trx) {
                $this->form_validation->set_message('vcr',
                    'Silakan CEK HARGA terlebih dahulu! Proses CEK belum dilakukan atau dilakukan lebih dari 5mnt yg lalu. Setelah CEK HARGA, segera lakukan PEMBAYARAN.');
                return false;
            }
           }
   //mod cek
Copy script pada langkah 7 kemudian paste dibawah script pada langkah 6.

8. Silakan ubah tulisan berwarna biru sesuai dengan keinginan. Kemudian simpan.
Ubah tulisan dan simpan file.

9. Login ke web menggunakan akun admin, buka menu Admin Panel > Pilih Server Pulsa yang digunakan. Jika pakai Senria isikan Format Transaksi dan Format Transaksi Double produk Bulk Digipos dengan ini:
{KODE}.{NO_HP}.{PIN}.R#{ID}
Jangan lupa disimpan. Jika pakai suplier lain silakan disesuaikan formatnya yang pakai {ID}.

10. Selesai, silakan di tes coba lakukan transaksi Cek Harga, kemudian diamkan 10 menit, baru bayar transaksinya. Nanti contohnya akan seperti gambar dibawah ini.
Contoh penerapan script.

Sekian panduan untuk Mengatur Interval Waktu Bayar Produk Digipos Setelah Cek Harga. Jika ada kendala jangan ragu untuk diskusikan di grup ya. Untuk kembali ke halaman daftar tutorial dan panduan silakan klik disini.
Artikel bermanfaat lainnya: File Model Default untuk Membuat Produk Tagihan (PPOB).
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. apa mengatur interval waktu cek dan bayar,perlu juga untuk produk PPob ke mbs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak wajib, karena tagihan PPOB nominal nya flat selama tidak lewat tanggal jatuh tempo. Berbeda dengan Bulk Digipos yang bisa berubah ubah nominal nya jika pembeli berpindah tempat.

      Delete

Post a Comment

Channel Telegram