LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Panduan Mapping Modul HT (digitalmind.id)


Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel Panduan Instalasi Modul HT (digitalmind.id). Kali ini akan dibahas mengenai cara melakukan mapping pada modul HT. Pengertian mapping disini adalah mengatur produk yang kita jual agar menyesuaikan harganya jika ada perubahan harga dari suplier secara otomatis. Status produk tersedia dan tidak tersedia juga akan otomatis mengikuti status dari suplier. Keuntungan dari mapping ini adalah kita tidak perlu repot-repot merubah harga tiap suplier update harga dan tidak bingung mengubah status produk.

Hal yang paling bermanfaat dari mapping ini adalah jika kita menjual suatu produk misalkan pulsa 10.000 dan kita memiliki 10 suplier, mapping akan otomatis memilih harga paling murah dari 10 suplier tersebut. Jika produk paling murah sedang gangguan, otomatis produk menggunakan suplier yang paling murah yang tidak gangguan. Namun perlu diperhatikan, tidak semua suplier bisa menggunakan mapping modul HT ya.


Import Produk Suplier ke Modul HT

1. Login ke web menggunakan akun administrator, kemudian buka menu Admin Panel > HT Modul > Otomatis Harga. Akan terlihat daftar suplier / server pulsa yang kita gunakan. Perlu diperhatikan, suplier yang saldonya tercatat 0 di admin panel tidak akan muncul.
Buka Admin Panel > HT Modul > Otomatis Harga.

2. Klik ikon pensil di sebelah kiri nama suplier yang digunakan.
Klik ikon pensil di sebelah kiri Nama Server.

3. Masukkan kode dan link harga suplier yang digunakan kemudian tekan tombol Simpan.
Masukkan kode dan link harga suplier.
Terdapat ketentuan dalam menuliskan kode dan link harga suplier. Harga produk dan status produk dipengaruhi oleh harga dan status yang ditampilkan oleh link harga suplier ini. Berikut sedikit penjelasan mengenai ketentuan penulisannya.

Suplier Dengan Engine Otomax

a. Jika suplier yang kamu gunakan menggunakan Otomax, maka pastikan suplier tersebut memiliki web report dari Everluck. Jika tidak punya webreport dari everluck maka kemungkinan tidak bisa di mapping menggunakan modul HT.
Contoh web report everluck.

b. Langkah selanjutnya yaitu login ke web report kemudian buka menu Generate Script Harga. Jika menunya tidak ada, artinya suplier tidak mengizinkan.
Pilih Generate Script Harga.

c. Tekan tombol + Generate Script kemudian isi kolom Markup dengan 0, kolom Kategori pilih Tampilkan Semua, kolom Tampil Harga dan Status pilih Ya dan Aktif.
Generate Script.

d. Akan muncul kotak IFrame berisi script, copy script tersebut ke dalam notepad, word, sublime text atau media lainnya. Contoh script dalam kotak IFrame adalah sebagai berikut:
<iframe style="position: absolute; height: 100%; border: none" src="http://centrareload.otoreport.com/harga.js.php?id=b5cb528aeae30f255fce6bbe6fa36b14036cb4c9bedd05a19fa2f2c5a600bc685600cbb826b857fff8ff06dd9d995ff4bdea-257"></iframe>
Perhatikan script yang diberi warna merah, masukkan script tersebut ke modul HT diawali kode OTO- dan jadinya akan seperti ini:
OTO-http://centrareload.otoreport.com/harga.js.php?id=b5cb528aeae30f255fce6bbe6fa36b14036cb4c9bedd05a19fa2f2c5a600bc685600cbb826b857fff8ff06dd9d995ff4bdea-257
Jangan sampai salah copy ya!

Suplier Dengan Engine IRS

Untuk suplier yang menggunakan engine IRS, awali dengan kode IRS- atau IRS2- dilanjutkan dengan link harga H2H nya. Contohnya jadi seperti ini:
IRS-http://202.123.123.123:8888/h2h
atau
IRS2-http://202.123.123.123:8888/h2h

Suplier Lain

HT-OKEPAY
HT-DOMPUL
HT-GRAHA
HT-MARKAZ
HT-VENTURA
HT-WIJAYA
HT-SURABAYAPULSA
HT-CELLCOM
HT-TMR
HT-KHPULSA

Sesama Webpul

Sebetulnya bisa ditanyakan kepada pemilik webpul kode dan link untuk modul HT nya apa, tapi secara umum formatnya seperti ini:
HTW-https://domain/harga-ht
Atau
HTW-https://domain/harga-ht/reseller

Digiflazz

a. Silahkan ke link https://member.digiflazz.com/buyer-area/connection/api.

b. Isi data2 development ip dan production ip(asal Aja), dengan diawali 192.168 (contoh 192.168.90.90).

c. Kemudian akan muncul data berupa username, penulisan kode pada modul HT diawali dengan HTDF- kemudian username nya, seperti ini:
HTDF-username


4. Tekan tombol Setup di sebelah kanan suplier yang sudah diisikan kode dan link harganya.
Tekan Setup.

5. Tekan tombol Import Produk, jika kode dan link harga sudah benar maka akan muncul semua produk yang disediakan oleh suplier.
Tekan Import Produk.

6. Lakukan langkah diatas untuk semua suplier yang ingin digunakan.


Mapping Produk

1. Buka Admin Panel > HT Modul > Otomatis Harga > Otomatis Mapping. Kemudian terdapat sebuah kolom pencarian. Cari produk yang ingin kamu mapping, bisa ketik kode produk maupun nama produknya, jika dicari dengan kode transaksi tidak muncul, coba cari dengan kode server atau satu kata nama produk nya. Jika sudah ketemu produk yang dicari tekan tombol Mapping di sebelah kanan. Contohnya saya akan mapping pulsa telkomsel 50.000 dengan kode transaksi S50.
Cari produk yang mau di mapping.

2. Pertama-tama pilih kolom Pilih Server lalu pilih suplier yang mau kamu gunakan.
Pilih Server.

3. Pada kolom sebelah kanan Pilih Server, pilih produk yang mau kamu masukkan. Kamu bisa search kode produknya agar lebih mudah mencari. Silakan pilih kode produk paling murah atau sesuai keinginan kamu ingin masukkan produk yang mana. Yang perlu diperhatikan adalah jika sedang mapping pulsa telkomsel 50.000 maka produk yang dimasukkan juga pulsa telkomsel 50.000 jangan sampai salah produk.
Pilih Produk.

4. Tekan tombol Tambahkan Mapping yang ada di sebelah kanan.

5. Akan muncul produk yang sudah kamu tambahkan tersebut. Ubah kolom Markup dan Markup Reseller sesuai keinginan kamu. Kolom Markup yaitu keuntungan yang ingin kamu peroleh untuk transaksi yang dilakukan oleh member biasa atau transaksi tanpa login di website. Kolom Markup Reseller isi dengan keuntungan yang ingin kamu terima untuk transaksi yang dilakukan akun reseller. Kemudian tekan tombol Simpan.
Tentukan Markup dan Markup Reseller.

6. Pastikan Markup dan Markup Reseller sudah benar-benar tersimpan dengan cara refresh browser. Kadang suka tidak tersimpan, dan jika tidak tersimpan tekan tombol Simpan pastikan sudah benar-benar tersimpan.

7. Silakan menambah produk baru kembali seperti langkah diatas. Boleh server / suplier yang sama tapi kode produk berbeda, boleh juga berbeda server / suplier. Nanti dari daftar produk yang sudah ditambahkan tersebut, modul HT akan otomatis memilih produk paling murah yang tidak gangguan.


Membuat Cronjob

Langkah terakhir adalah membuat cronjob untuk menjalankan mapping modul HT ini. Cronjob bebas ingin dipasang dimana namun paling cepat adalah dibuat per 5 menit. Jika cronjob lebih cepat dari 5 menit maka lisensi akan di blokir.

Cronjon di Hosting

Silakan masuk ke panel hosting kemudian cari menu Cronjob lalu buat cronjob paling cepat per 5 menit dengan command sebagai berikut:
/usr/bin/curl --silent https://domain/admin/modules/auto-harga/cron >/dev/null 2>&1
contoh:
/usr/bin/curl --silent https://blanksreload.com/admin/modules/auto-harga/cron >/dev/null 2>&1

Cronjob di VPS

Silakan masuk ke panel VPS kemudian cari menu Cronjob lalu buat cronjob paling cepat per 5 menit dengan command sebagai berikut:
curl https://domain/admin/modules/auto-harga/cron >/dev/null 2>&1
contoh:
curl https://blanksreload.com/admin/modules/auto-harga/cron >/dev/null 2>&1

Cronjob di cron-job.org

Silakan login dan buat cronjob baru paling cepat per 5 menit dengan address:
https://domain/admin/modules/auto-harga/cron
contoh:
https://blanksreload.com/admin/modules/auto-harga/cron

Kamu dapat melihat kapan terakhir kali cronjob berjalan pada menu Otomatis Harga modul HT.


Sekian panduan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua. Untuk kembali ke halaman Tutorial dan Panduan silakan klik disini.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment