LoERbTcWHiQxdmcpf4fiSjgWN9qHi76MAUgOelk0

Mengatur Suplier / Serpul yang Digunakan

Setelah sukses melakukan instalasi web pulsa (webpul), perlu dilakukan berbagai pengaturan. Pengaturan yang cukup penting diantaranya mengelola server pulsa atau suplier yang akan digunakan. Server pulsa atau biasanya disebut serpul ini merupakan suplier tempat kita mengambil produk. Semua produk yang disediakan oleh suplier tentu saja bisa kita jual dan sediakan juga di webpul milik kita. Perlu diketahui, suplier yang bisa digunakan bisa lebih dari 10 suplier dan bebas bisa gunakan suplier mana saja selama cocok dengan sistem webpul. Sedikit rekomendasi, baiknya cari suplier yang menggunakan otomax sebagai engine nya karena stabil baik via jabber maupun IP. Panduan untuk menambahkan server pulsa / suplier baru silakan simak panduan berikut:

1. Login ke web menggunakan akun administrator kemudian masuk ke menu Admin Panel.

2. Pada tampilan utama Admin Panel, kamu akan menemukan tombol Kelola Server pada kolom Server Pulsa. Klik tombol tersebut.
Buka Admin Panel > Kelola Server.

3. Untuk membuat suplier baru tekan tombol Tambah Server.
Tekan tombol Tambah Server.

4. Pada halaman Tambah Server silakan isi semuoa kolom yang ada:

Nama Server: Isi dengan nama suplier yang mau digunakan.

Saldo: Isi dengan jumlah saldo yang ada di suplier yang kamu gunakan, isi asal juga boleh.

SMS Center: Kolom ini berguna untuk yang ingin ambil produk ke suplier menggunakan jalur SMS. Isi dengan nomor SMS center milik suplier atau jika tidak pakai jalur SMS untuk ambil produk ke suplier bisa isi asal atau isi dengan nomor HP sendiri.

Jabber Center: Isi dengan center jabber milik suplier.

PIN: Isi dengan PIN transaksi di suplier yang digunakan, mohon untuk tidak pernah memperlihatkan PIN kepada siapapun untuk menjaga keamanan.

Format Transaksi: Isi sesuai dengan format transaksi yang berlaku di suplier, penjelasan lebih lengkap akan dibahas pada artikel lain. Jika tidak ingin ada transaksi nominal sama ke nomor yang sama pada hari yang sama, kosongkan semua kolom yang ada nama Dobel nya. Kolom Dobel tidak apa apa kosong, yang wajib ada isinya yang tidak ada nama Dobel nya. Tiap membuat produk baru silakan cek kolom Format Transaksi ini, biasanya suka kosong, segera isi bila kolom kosong.

Balasan Sukses: Isi dengan satu atau beberapa kata unik yang tercantum pada reply dari suplier saat transaksi sukses. Biasanya kata SUKSES atau BERHASIL ada pada reply. Jika menuliskan beberapa kata unik pisahkan dengan tanda baca | contohnya: SUKSES|BERHASIL. Kolom ini tidak case sensitive jadi besar kecilnya huruf tidak berpengaruh. Kolom ini berguna agar sistem mengetahui transaksi sukses atau gagal.

Balasan Gagal: Isi dengan satu atau beberapa kata unik yang tercantum pada reply dari suplier saat transaksi gagal. Biasanya kata GAGAL ada pada reply. Jika menuliskan beberapa kata unik pisahkan dengan tanda baca | contohnya: GAGAL|TIDAK BERHASIL. Kolom ini tidak case sensitive jadi besar kecilnya huruf tidak berpengaruh. Kolom ini berguna agar sistem mengetahui transaksi sukses atau gagal.

Regex SN: Isi dengan regex yang sesuai dengan reply yang suplier berikan. Panduan penggunaan regex SN bisa dilihat pada artikel: Panduan Menangkap SN Transaksi dengan Baik.

Jalur Transaksi: Silakan pilih jalur transaksi yang ingin digunakan, saat ini salah satu jalur transaksi paling stabil adalah Jabber dengan menggunakan Jabber API. Jika belum punya akun Jabber API bisa kontak saya.

5. Jika semua kolom sudah diisi, tekan tombol Menambahkan. Suplier baru sudah sukses dibuat.

Sekian panduan untuk Mengatur Suplier / Serpul yang Digunakan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya yang baru saja membuat webpul.
M Faishal Hidayat
M Faishal Hidayat, lahir di Cianjur tapi besar di Bogor. Kuliah manajemen dan ekonomi tapi sangat tertarik dengan dunia teknologi khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment